Mengenal Istilah Internet

Kompetensi Dasar : 1.5 Melakukan berbagai cara untuk memperoleh sambungan Internet/intranet
Indikator :
1. Menyebutkan berbagai tipe koneksi ke Internet
2. Menyebutkan kekurangan dan kelebihannya masing-masing tipe koneksi
3. Mampu menghubungkan komputer ke Internet

Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran (4 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Mengetahui berbagai jenis koneksi ke Internet dan perangkat yang dibutuhkan
2. Mengetaui cara mengatur hubungan komputer ke Internet
3. Mengetahui cara memulai dan mengakhiri koneksi ke Internet

B. Materi Pembelajaran
1. Berbagai tipe koneksi ke Internet
2. Mengatur hubungan komputer ke Internet
3. Memulai dan mengakhiri hubungan komputer ke Internet

C. Metode Pembelajaran
1. Model Pembelajaran :
>Pembelajaran Langsung (D.J.)
>Pembelajaran Kooperatif (C.L.)

2. Metode :
>Demontrasi
>Diskusi Kelompok
>Praktikum

D. Sumber Belajar
1. Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi jilid 4 untuk kelas IX, Fairus N.H, Penerbit Ganeca Exact, Jakarta 2007
2. Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi jilid 3 untuk kelas IX, Henry Pandia, Penerbit Erlangga, Jakarta 2007

E. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik penilaian
>Tes tertulis
>Pengamatan kinerja dan keaktifan

2. Bentuk instrumen
>PG dan isian singkat
>Daftar penilaian kinerja dan keaktifan



Materi :

BAB 4
A. Mengenal Istilah Internet

Terkadang kita dibuat pusing ketika berbicara tentang sesuatu yang berhubungan dengan dunia internet dan komputer, apalagi yang sudah berhubungan dengan kepanjangan dalam bahasa inggris, kita seringkali mengambil solusi untuk berucap lupa ketimbang mencari apa sebenarnya definisi dan kepanjangan dari istilah tadi, berikut adalah beberapa istilah yang sering muncul yang saya dapatkan dari berbagai sumber:

>> Domain
Yang akan dibahas disini adalah;
1. Apakah Domain Name itu ?
2. Apakah DNS itu ?
3. Apa itu Top Level Domain (TLD)?
4. Apa itu Second Level Domain (SLD)?
5. Apa itu Third Level Domain?
6. Berapa biaya registrasi nama domain ?

> Domain Name
Nama unique yang mengidentifikasikan nama situs internet. Kemungkinan ada suatu Domain Name yang tidak terkoneksi ke web server. Misalnya pemilik domain yang menggunakan domain hanya untuk keperluan alamat email pribadi tanpa memiliki situs.
sumber lain mengatakan Domain Name yaitu : Nama Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di internet. Nama Domain memberikan kemudahkan pengguna di internet untuk melakukan akses ke server dan mengingat server yang dikunjungi dibandingan harus mengenal deretan nomor atau yang dikenal IP.

> DNS -- (Domain Name System)
Domain Name System adalah sistem yang menterjemahkan nama domain internet ke nomor/ alamat IP. Sebuah "DNS Server" adalah server yang menyelenggarakan translasi tersebut.

> Apa itu Top Level Domain?
Top Level Domain Name adalah deretan kata dibelakang nama domain seperti .com dotcommercial), .net (dotnetwork), .org(dotorganization), .edu(doteducation), .gov(dotgoverment), dan .mil(dotmilitary).

Ada dua macam Top Level Domain, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD adalah seperti yang diungkapkan diatas dan ccTLD adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id) atau Singapura dengan kode SG (com.sg, net.sg, dsb).

> Apa itu Second Level Domain (SLD)?
Second Level Domain Name (SLD) adalah nama domain yang anda daftarkan. Misalnya nama domain yang anda daftarkan adalah domainku.com, maka domainku adalah SLD dan .comnya adalah TLD.

> Apa itu Third Level Domain?
Third Level Domain adalah nama sebelum Second Level Domain dan Top Level Domain. Misalnya nama domain yang anda miliki adalah domainku.com, maka anda dapat menambahkan nama lain sebelum domainku, yaitu mail.domainku.com atau search.domainku.com.

> Berapa biaya registrasi nama domain ?
Jawabannya ialah sangat bervariasi, sebagai contoh : biaya registrasi nama domain di NamaDomain.com tidaklah terlalu mahal. Untuk satu domain cukup dengan Rp. 150.000 saja. Selain itu untuk mempermudah pendaftaran domain, NamaDomain.com memberikan fasilitas voucher dengan potongan harga yang cukup menarik yaitu 45% keatas.

selain tentang Domain, berikut istilah-istilah internet lainnya,..simak yach!:

"Tips : untuk mencari istilah yang diinginkan tekan Control + F, lalu masukan istilah yang dicari"


> Active-X
Teknologi software yang dikembangkan oleh Microsoft yang memungkinkan kemampuan/isi yang terprogram dapat disampaikan ke komputer berbasis Windows menggunakan jalur World Wide Web.

> Address
Pengidentifikasi untuk semua dokumen, file, gambar, maupun orang di internet.

> ADN -- (Advanced Digital Network)
Biasanya mengacu pada akses internet menggunakan 56Kbps leased-line.

> ADSL -- (Asymmetric Digital Subscriber Line)
Sebuah saluran DSL dimana proses Upload dan Download memiliki kecepatan transfer yang berbeda. Biasanya kecepatan download lebih tinggi.

> Agent
Program yang digunakan untuk membaca pesan pada NewsGroup. Istilah ini digunakan juga untuk menyebutkan nama browser web.

> Anonymous FTP
File transfer protocol tanpa ada authorisasi username dan password.

> Apache
Suatu web server open-source yang saat ini paling banyak digunakan pada server-server internet. Dapat berjalan pada sistem operasi UNIX, Linux, BSD, dan Windows.

> Applet
Program Java kecil yang dapat ditempelkan pada halaman HTML. Applets berbeda dari full-fledged Java applications, tidak diizinkan mangakses beberapa resources pada local computer, seperti file-file dan perkakas serial (modem, printer, dll.), dan dilarang berkomunikasi dengan komputer-komputer dalam suatu jaringan. Aturan umumnya adalah bahwa sebuah applet hanya dapat melakukan koneksi internet ke suatu komputer yang telah terkirimi applet.

> Application Server
Software pada server yang mengatur satu atau lebih bagian-bagian lain dari software dengan satu cara agar software yang ter-manage dapat tersedia untuk suatu jaringan, biasanya ke Web server. Dengan memiliki bagian dari software ter-manage, bagian dari suatu software mengatur paket-paket software lain yang memungkinkan penggunaan sumber-sumber seperti memori dan akses database lebih efisien dibandingkan bila masing-masing melakukan akses langsung.

> Archie
Sebuah tool atau software untuk menemukan file-file yang tersimpan pada situs-penyedia Anonymous FTP Harus diketahui nama asli file atau substringnya. Pada tahun 1999, Archie secara penuh digantikan oleh search engine berbasis web.

> ARPANet -- (Advanced Research Projects Agency Network)
Pelopor dari Internet. Dikembangkan pada akhir tahun 60-an dan permulaan 70-an oleh Departemen Pertahanan Amerika sebagai percobaan untuk WAN ( wide-area-networking) untuk menghubungkan secara bersama komputer-komputer yang berjalan pada sistem-sistem yang berbeda sehingga orang pada suatu tempat dapat menggunakan sumber-sumber komputer dari lokasi yang berbeda.

> ASCII -- (American Standard Code for Information Interchange)
Merupakan standardisasi global berupa kode-kode nomor yang digunakan oleh komputer untuk merepresentasikan semua hutuf Latin kecil/besar, angka-angka,tanda baca, dll. Ada 128 standard kode ASCII yang dapat direpresentasikan oleh 7 digit bilangan biner: 0000000 sampai 1111111.

> ASP (Active Server Pages)
Bahasa script pada Microsoft NT yang memungkinkan seseorang untuk mendesain halaman web yang dapat ditampilkan, dimanipulasi, dan editing database secara cepat. Biasanya dicampurkan dengan kode HTML, _VBScript, _JScript ASP-Compatible sehingga web server dapat mengeksekusi script tersebut. ASP didistribusikan dengan web server Microsoft IIS. ASP.NET merupakan versi terbaru dari ASP.

> Attachment
File yang dikirim/ dilampirkan pada email, biasanya berupa gambar, teks, dan program kecil. File di-encode pada saat dikirim dan di-decode pada saat diterima.

> Audio/ Video Streaming
Proses menyediakan audio dan video klip dengan sarana web.

> Backbone
Sebuah saluran berkecepatan tinggi atau koneksi seri yang membentuk jalur-jalur kecil secara mayor dalam suatu jaringan. Syarat hubungannya relatif, dimana sebuah backbone pada suatu jaringan kecil seolah-olah jauh lebih kecil dibandingkan kebanyakan jalur-jalur non-backbone pada suatu jaringan besar

> Bandwidth
Seberapa besar jumlah data/paket yang terkirim melalui sebuah koneksi. Biasanya diukur dalam bits-per-second. Sebagai contoh: sebuah halaman penuh teks setara dengan 16,000 bit. Sebuah modem berkecepatan standard dapat mengirim/menerima paket data sekitar 57,000 bit dalam 1 detik. Bandwidth yang besar sangat dibutuhkan untuk keperluan yang lebih kompleks, misalnya: Video/Audio Streaming.

> Baud
Biasanya penggunaan baud rate dari sebuah modem adalah seberapa banyak bit yang dapat dikirimkan/diterimanya setiap detik. Secara teknis, baud adalah banyaknya siklus per detik dimana sinyal pembawa (carrier) menggeser/mengubah nilai, contoh: modem 1200 bit-per-second sebenarnya bergerak pada 300 baud, 4 bit per baud (4 x 300= 1200 bits per second).

> BBS -- (Bulletin Board System)
Sistem pertemuan/ pengumuman berbasis komputer yang memperbolehkan orang terlibat dalam suatu diskusi, upload dan download file-file, dan membuat pengumuman-pengumuman tanpa harus terhubung ke komputer pada saat yang sama. Pada permulaan 90-an terdapat jutaan BBS di seluruh dunia, kebanyakan berskala kecil, dengan komputer dan jalur telepon yang minim. Beberapa diantaranya sangat besar seperti AOL.

> Binary
Informasi yang terdiri dari bilangan 1 dan 0. Biasanya digunakan utnuk menunjukkan file-file yang bukan teks standard, misalnya gambar.

> Binhex -- (BINary HEXadecimal)
Sebuah metode konversi file-file bukan teks (non-ASCII) ke ASCII. Hal ini dibutuhkan karena e-mail hanya dapat menangani ASCII.

> Bit -- (Binary DigIT)
Angka tunggal berbasis-2, dengan kata lain angka 1 atau 0. Merupakan unit terkecil dari data terkomputerisasi.

> Bitmap (atau BMP)
Gambar grafik yang diubah dari pixel ke bit, digunakan pada Microsoft Windows.

> BITNET -- (Because It's Time NETwork (or Because It's There NETwork))
Sebuah jaringan situs-situs pendidikan yang terpisah satu dengan lainnya, tetapi e-mail secara bebas dipertukarkan antara BITNET dan Internet. Listservs®, bentuk populer dari e-mail group BITNET. Pada puncak kejayaannya (akhir 1980 dan permulaan 1990) mesin-mesin BITNET biasanya berupa mainframe, sering diaplikasikan pada sistem operasi IBM's MVS.

> Blog -- (weB LOG)
Sebuah blog pada dasarnya adalah sebuah jurnal yang tersedia di web. Aktivitas pengupdate-an sebuah blog disebut "blogging" dan orang yang mengelola/memelihara sebuah blog disebut "blogger." Blog-blog di-update secara periodik menggunakan software yang memungkinkan seseorang dengan kemampuan teknis terbatas dapat meng-update dan memelihara blog.

> Bookmarks
Daftar situs favorit/ yang sering dikunjungi, didesain agar proses akses kembali ke alamat web menjadi lebih mudah. Internet Explorer menyebutnya sebagai "Favorites".

> bps -- (Bits-Per-Second)
Suatu ukuran seberapa cepat data digerakkan dari satu tempat ke tempat lain. Sebuah modem 56K dapat menggerakkan sekitar 57,000 bit per detik

> Browser
Software atau program client yang digunakan untuk menampilkan berbagai sumber di internet.

> Bug
Kesalahan/ kekeliruan/ error yang diketahui ada pada suatu aplikasi software. Bug biasanya ditanggulangi dengan menggunakan "Patch".

> Button
Gambar grafis kecil atau tombol untuk keperluan navigasi biasanya berisi link ke halaman/ dokumen lain.

> Byte
Sebuah kumpulan bit-bit yang merepresentasikan suatu karakter tunggal. Biasanya terdapat 8 bit dalam 1 byte, terkadang lebih, tergantung bagaimana cara pengukurannya.

> Cache
Bagian pada hard disk yang digunakan oleh browser untuk menyimpan bagian-bagian dokumen/ halaman web yang sering diakses. Hal ini berpengaruh pada efektifitas bandwidth dan waktu dalam mengakses halaman/ dokumen.

> CATP -- (Caffeine Access Transport Protocol)
Metode umum untuk menggerakkan caffeine dalam suatu WAN (Wide Area Networks), misalnya internet. CATP pertama kali digunakan di Binary Cafe, Cybertown dan secara cepat menyebar global.

> CDMA -- (Code Division Multiple Access)
Sebuah protokol untuk wireless data dan komunikasi suara, CDMA secara luas digunakan pada jaringan telepon selular, juga pada sistem komunikasi data lainnya. CDMA menggunakan sebuah teknik yang disebut "Spread Spectrum" dimana data secara luas ditransmisikan melalui beberapa frekuensi radio, lebih efisien dibandingkan radio spectrum. Ada sejumlah protokol tambahan pada CDMA, misalnya: 1xRTT (juga disebut CMDA2000).

> Certificate Authority
Nomor Security Certificates yang digunakan pada koneksi SSL.

> CGI -- (Common Gateway Interface)
Sekumpulan aturan-aturan yang menjelaskan bagaimana Web Server berkomunikasi dengan bagian lain dari suatu software pada mesin yang sama, dan bagaimana bagian/ program CGI tersebut berinteraksi dengan web server.

> cgi-bin
Nama yang sering digunakan untuk direktori/folder pada web server dimana program-program CGI tersimpan.

> Chat
Komunikasi real time di Internet menggunakan keyboard sebagai input kemudian dikirimkan ke server menggunakan program/ software.

> Click Through
Istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan rasio klik/ penekanan pada suatu iklan/ banner. Misalnya banner yang ditampilkan 100 kali dan diklik sebanyak 5 kali, maka rasionya adalah 5%.

> Client
Sebuah software/ program yang digunakan untuk mengirim/ menerima data dari suatu program server pada komputer lain, biasa digunakan pada jarak yang jauh. Program client didesain agar bekerja dengan satu/lebih program server yang spesifik, pada sisi lain, server mengharuskan program client yang spesifik pula. Sebuah Web Browser merupakan jenis spesifik dari Client.

> Clip Art
Karya seni grafis yang dapat dipotong dan ditempelkan pada dokumen, atau dimodifikasi menggunakan program grafis. Clip Art biasanya berupa gambar/ foto sederhana.

> Code
Teks dari program yang ditulis sebelum dikompilasi oleh mesin. Sering dianggap sebagai "Source Code".

> co-location
Sering digunakan untuk menunjukkan kepemilikan sebuah server oleh seseorang atau group yang secara fisik terletak pada suatu jaringan yang terkoneksi ke internet (backbone internet berkecepatan tinggi). Umum digunakan karena pemilik server menginginkan servernya bekerja pada kecepatan internet tinggi maupun untuk alasan keamanan dibandingkan jika servernya berada pada tempat/ kantornya sendiri.

> Cold Fusion
Bahasa script yang didesain untuk memudahkan para web desainer dalam mengembangkan interface dari aplikasi database dengan menyederhanakan query database dan memungkinkan penggunaan bahasa pemrograman yang sederhana untuk menangani fungsi-fungsi antara browser web, server, dan database.

> Compiler
Suatu program yang menerima program lain dan dengan segera menghasilkan program lain yang lebih mudah dieksekusi dengan menyusunnya ke bahasa mesin. C, C++, Java merupakan contoh dari bahasa-bahasa pemrograman yang di-compile, sedangkan _Javascript, _VBScript, _JScript bukan bahasa ter-compile.

> Compressed
Data yang ukuran filenya ditekan sehingga lebih kecil dari ukuran aslinya. Bentuk-bentuk kompresi, misalnya: ZIP, ARJ, Tar, ACE, gunzip, dsb. Ada beberapa cara untuk membuat ukuran file lebih kecil, salah satunya dengan mencari pola 1 dan 0 (biner) yang membentuk semua program, misalnya: 1111111111111110000000011111 dapat di-compress menjadi 15-1's, 8-0's, 5-1's. Ketika file di uncompress, maka pola hasil compress dikembalikan ke bentuk semula (biner).

> Control Panel
Paket aplikasi berbasis web yang memudahkan seseorang dalam manajemen website, upload file, backup file, akses database, mengatur account email, melihat statistik web, dsb.

> Cookie
Arti umum dari "Cookie" mangacu pada suatu bagian informasi yang dikirimkan oleh Web Server ke suatu Web Browser, dimana Browser software diharapkan dapat menyimpan dan mengirimkan kembali ke Server setiap saat browser mengirimkan request tambahan.
Tergantung pada jenis cookie yang digunakan dan seting browsernya, sebuah browser dapat menerima/ menolak cookies, cookie yang diterima akan disimpan untuk waktu tertentu sesuai seting cookie.Cookies kemungkinan berisi informasi, misalnya informasi login, informasi online "shopping cart", keterangan pengguna, dll.
Ketika server menerima permintaan dari browser yang mengikutsertakan Cookie, server dapat menggunakan informasi yang tersimpan pada cookie.Cookies biasanya diset agar berakhir untuk suatu waktu tertentu biasanya tersimpan dalam memori ketika Browser ditutup. Cookies tidak membaca hard disk atau file-file yang lain pada komputer, melainkan agar unsur interaktif pada saat mengakses suatu website dapat terjadi dengan menyediakan informasi temporer pada sisi client yang dibutuhkan.

> Crawler
Dikenal juga sebagai "Spider", digunakan oleh Search Engine untuk mengindex halaman-halaman web dan mengikuti link-link yang ada pada suatu halaman web yang telah diindex.

> CSS -- (Cascading Style Sheet)
Sebuah standard untuk menspesifikasikan tampilan text dan elemen lain. CSS dikembangkan untuk digunakan pada halaman HTML, tetapi juga digunakan untuk keperluan lain khususnya untuk aplikasi yang menggunakan XPFE. CSS digunakan untuk menyediakan sebuah "library" dari style yang digunakan dalam mengatur penampilan dari suatu dokumen, misalnya halaman website. Sebuah file CSS biasanya berisi pengaturan bagaimana teks miring, tebal, garis bawah, tabel, background, warna,dll akan ditampilkan. Dengan melakukan pengubahan sedikit pada CSS dapat berpengaruh pada keseluruhan tampilan dokumen yang menggunakan CSS.

> Cyberspace
Istilah yang dibuat oleh William Gibson dalam novelnya Neuromancer, kata Cyberspace sekarang digunakan untuk mendeskripsikan keseluruhan cakupan sumber-sumber informasi yang tersedia melalui jaringan komputer.

> Database
Sekumpulan data yang disusun agar mudah dan cepat dicari/ didapatkan. Berisi catatan (record) informasi yang terorganisir dan diperuntukkan untuk tujuan khusus, misalnya: pencarian, pengurutan, dan pengkombinasian data.

> Database Support
Web server yang mendukung berbagai macam fungsi database. Program database yang umum digunakan adalah: MySQL, Access, Oracle, dan SQL Server.

> Dedicated Server
Fasilitas yang disediakan oleh perusahaan web hosting dengan menyediakan suatu server khusus untuk digunakan hanya oleh satu pelanggan hosting. Layanan tersebut berguna untuk meningkatkan kecepatan transfer data website karena server dan software-software didalamnya dikonsentrasikan untuk melayani satu website saja (private).

> DHTML -- (Dynamic HyperText Markup Language)
DHTML mengacu pada halaman web yang menggunakan kombinasi HTML,JavaScript, dan CSS untuk membuat fitur-fitur seperti navigasi, onmouseover, animasi sederhana, dll.

> Dial Up Access
Akses ke internet menggunakan layanan/ jalur telepon biasa.

> Dial Up Network
Suatu jaringan yang menggunakan jalur telepon biasa untuk terhubung ke Internet.

> Digerati
Literatur versi digital, sebagai bentuk digitalisasi pada aspek-aspek yang memungkinkan.

> Download
Transfer data dari komputer lain ke komputer yang digunakannya. Kebalikan dari Upload.

> DSL -- (Digital Subscriber Line)
Sebuah metode untuk menggerakkan data melalui jalur telepon biasa. Sebuah sirkuit DSL jauh lebih cepat dibandingkan koneksi telepon biasa. Sebuah sirkuit DSL harus dikonfigurasikan untuk menghubungkan dua lokasi, sama seperti sebuah leased line (Bagaimanapun sirkuit DSL bukan sebuah leased line). Konfigurasi umum DSL memperbolehkan kecepatan download berbeda/ lebih tinggi dari kecepatan upload. Susunan inilah yang disebut ADSL: Asymmetric Digital Subscriber Line. Konfigurasi lainnya memperbolehkan kecepatan download dan upload sama. DSL telah menjadi alternatif populer dari Leased Lines dan ISDN, lebih cepat dari ISDN dan lebih hemat daripada Leased Lines tradisional.

> Email -- (Electronic Mail)
Pesan-pesan, biasanya teks dan file, yang dikirimkan dari seseorang kepada orang lain menggunakan media komputer/ internet. E-mail juga dapat dikirimkan ke banyak alamat dengan satu kali kirim.

> Emoticon
Simbol yang dibuat menggunakan karakter pada keybord untuk menggambarkan emosi. misalnya: :) ;) :p (^_^) dsb.

> Ethernet
Metode yang sangat umum dari jaringan komputer dalam sebuah LAN. Ada beberapa tipe Ethernet. Pada tahun 2001 tipe standard adalah "100-BaseT" yang dapat menangani hingga 100,000,000 bits-per-second dan dapat digunakan hampir pada semua jenis komputer.

> Explorer
Kependekan dari Internet Explorer, browser yang didesain oleh Microsoft.

> Extranet
Sebuah intranet yang dikembangkan agar dapat diakses oleh publik.

> FAQ -- (Frequently Asked Questions)
Pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh pengunjung website. Halaman FAQ dibuat untuk menangani pertanyaan-pertanyaan yang sama agar tidak dipertanyakan lagi.

> Favorites
Daftar alamat website atau dokumen yang sangat sering dikunjungi, memudahkan karena alamat web atau dokumen diberikan link yang mudah diakses/di-klik pada browser. Pada browser Netscape disebut "Bookmarks".

> FDDI -- (Fiber Distributed Data Interface)
Sebuah standard dalam transfer data pada kabel fiber optik dengan rate sekitar 100,000,000 bits-per-second.

> Fire Wall
Kombinasi hardware dan software yang memisahkan sebuah Network menjadi dua atau lebih bagian untuk tujuan kemanan.

> Flash
Flash merupakan tool pengembangan multimedia untuk membuat aplikasi berkualitas tinggi yang disisipkan pada halaman HTML. Software Flash digunakan untuk menghasilkan grafik/ animasi berkualitas tinggi yang dapat ditampilkan pada halaman web dengan ukuran file yang relatif kecil.

> Form
Halaman web yang memungkinkan pengguna memasukkan informasi ke area pengisian, kemudian informasi tersebut didaftarkan ke server untuk diproses, misalnya: form pemesanan barang, form kontak, form pendaftaran anggota, dsb.

> Frame
Jendela web yang terdiri atas satu atau lebih jendela web lain. Masing-masing jendela web memiliki alamat yang berbeda. Biasanya digunakan untuk memudahkan navigasi, namun kadang merugikan karena alamat jendela sulit di-index oleh Search Engine (informasi pada halaman web sulit ditemukan oleh pengguna Search Engine).

> Freeware
Program/ software yang disediakan secara gratis namun tidak boleh dijual ulang oleh pihak lain.

> Frontpage
Software yang dibuat oleh Microsoft© untuk membuat halaman HTML. Merupakan kelengkapan yang sangat umum digunakan untuk membuat halaman web.

> Frontpage Extensions (FPE)
Microsoft Frontpage server extensions. Sekumpulan program dan script yang mendukung pengaturan halaman-halaman web pada server menggunakan program Frontpage. Memudahkan pengguna untuk membuat, mengatur, mendesain halaman web karena secara langsung terhubung dengan web server dan hasilnya dapat langsung dilihat pada website. FPE dapat berjalan pada Microsoft IIS, Windows, Unix, Linux.

> FTP -- (File Transfer Protocol)
Metode yang sangat umum untuk mentransfer file-file antara dua komputer/ server. FTP adalah sebuah cara login ke suatu website dengan tujuan menerima/ mengirim file. FTP ditemukan jauh sebelum World Wide Web.

> Gateway
Teknik yang berarti hardware atau software yang menterjemahkan dua buah protokol yang berbeda.

> GIF -- (Graphic Interchange Format)
Format umum untuk suatu file gambar, sangat cocok untuk gambar berarea luas dengan komposisi warna yang sama. Format GIF untuk gambar sederhana biasanya memiliki ukuran file yang lebih kecil dibandingkan format JPEG, namun format GIF tidak dapat manandingi kualitas gambar photo yang menggunakan format JPEG.

> Gigabyte
1000 atau 1024 Megabytes, tergantung teknik pengukuran.

> Gopher
Merupakan pendahulu HTTP.

> GUI (Graphical User Interface)
Mode/ gaya bekerja dengan software menggunakan gambar-gambar dan icon, bukan hanya teks. Dikembangkan oleh Zerox©, Apple© menjadi yang pertama kali memasarkannya pada produk sistem operasinya secara global, kemudian Microsoft© mengadopsinya dan diterapkan pada Windows©.

> Hit
Hit berarti banyaknya request tunggal dari sebuah web browser untuk sebuah item dari web server.

> Home Page (atau Homepage)
Memiliki beberapa arti. Arti sesungguhnya adalah halaman web default browser ketika browser pertama kali dibuka. Arti lainnya mengacu pada halaman utama website bisnis, organisasi, perorangan atau secara sederhana merupakan halaman utama dari kumpulan halaman-halaman web pada suatu situs web.

> Host
Komputer pada suatu jaringan yang menyediakan beberapa layanan untuk suatu jaringan. Umumnya suatu host menyediakan layanan, misalnya SMTP (email) dan HTTP (web).

> HTML -- (HyperText Markup Language)
Kode bahasa untuk membuat dokumen Hypertext yang digunakan pada World Wide Web. Kode HTML mengatur bagaimana sebuah dokumen ditampilkan. Kata "hyper" dalam Hypertext diambil dari kenyataan bahwa HTML merupakan kumpulan teks, gambar, dan link yang menghiasi tampilan suatu halaman web dan kemampuannya untuk memindahkan pengguna dari satu halaman ke halaman lain.

> HTTP -- (HyperText Transfer Protocol)
Protokol untuk mentransfer file-file hypertext di Internet. Mengharuskan HTTP client program pada satu sisi, dan HTTP server program pada sisi lain. HTTP merupakan protokol terpenting yang digunakan pada World Wide Web (WWW).

> Hypertext
Umumnya merupakan teks yang merupakan link ke dokumen-dokumen lain.

> IMAP -- (Internet Message Access Protocol)
IMAP tahap demi tahap mulai menggantikan POP sebagai protokol utama yang digunakan oleh email clients dalam berkomunikasi dengan email server.
Bila menggunakan IMAP, sebuah program email client tidak hanya menerima emaill, tetapi juga dapat memanipulasi penyimpanan pesan pada server.

> Impression
Istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan iklan/ banner yang di-load pada halaman web dan dilihat oleh pengguna.

> internet (i huruf kecil)
Setiap saat Anda menghubungkan dua buah jaringan secara bersama.

> Internet (I huruf besar)
Koleksi yang sangat luas dari interkoneksi jaringan-jaringan yang terhubung menggunakan protokol TCP/IP yang dikembangkan dari ARPANET pada awal tahun 70-an.
Internet menghubungkan puluhan atau ribuan jaringan-jaringan independen ke global internet dan kemungkinan merupakan jaringan WAN (Wide Area Network) terbesar di dunia.

> Intranet
Jaringan private dalam suatu perusahaan atau organisasi yang menggunakan jenis software yang sama, digunakan hanya untuk keperluan internal.

> IP Number -- (Internet Protocol Number)
Sebuah nomor unique yang berisi 4 bagian dan dipisahkan dengan tanda titik, misalnya: 123.123.123.123. Setiap mesin di Internet memiliki/ menggunakan nomor IP, jika tidak berarti mesin tersebut tidak berada pada jaringan Internet. Kebanyakan mesin (khususnya server) juga memiliki satu atau lebih Domain Name agar mudah diingat.

> IPv4 -- (Internet Protocol, version 4)
Versi yang paling banyak digunakan pada Internet Protocol ("IP" merupakan bagian dari TCP/IP.)

IPv4 secara teoritis menyediakan 4 milyar Nomor IP(232), namun pada kenyataannya jauh lebih sedikit

> IPv6 -- (Internet Protocol, version 6)
Pengganti IPv4. IPv6 menyediakan nomor IP yang sangat besar melebihi satu sextillion alamat (secara teoritis 2128). IPv6 memungkinkan setiap perangkat di planet ini untuk memiliki alamat IP tersendiri

> IRC -- (Internet Relay Chat)
Fasilitas chat multi-user yang besar. Ada sejumlah server-server IRC di seluruh dunia yang terhubung satu sama lain. Setiap orang dapat membuat channel dan apapun yang diketikkan pada channel tersebut dapat dilihat oleh penguna lain pada channel yang sama.

> ISDN -- (Integrated Services Digital Network)
Pada dasarnya merupakan cara meningkatkan kualitas transfer data menggunakan jalur telepon. Mampu menyediakan kecepatan 128,000 bits-per-second pada jalur telepon biasa. Pada prakteknya, kebanyakan orang akan dibatasi pada kecepatan 56,000 atau 64,000 bits-per-second. Berbeda dengan DSL, ISDN dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa lokasi yang berbeda pada saat yang sama.

> ISP -- (Internet Service Provider)
Institusi atau perusahaan yang menyediakan layanan akses Internet.

> Java
Java merupakan bahasa pemrograman yang network-friendly ditemukan oleh Sun Microsystems.
Java biasa digunakan untuk membuat aplikasi sistem yang besar dan kompleks yang mengatur interaksi antar komputer pada suatu jaringan. Java juga menjadi populer untuk membuat program-program untuk perangkat kecil yang diaplikasikan pada perangkat elektronik, misalnya telepon selular..
Penggunaan umum dari Java adalah untuik membuat program yang aman di-download melalui jalur Internet dan sesegera mungkin menjalankannya tanpa takut adanya virus atau file-file berbahaya. Dengan menggunakan program Java kecil (disebut "Applets"), halaman web dapat disisipi fitur-fitur seperti animasi, kalkulator dan fitur menarik lainnya.

> JavaScript
_JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang umumnya digunakan pada halaman web, biasanya untuk untuk menambah fitur-fitur yang membuat halaman menjadi lebih interaktif. Ketika JavaScript dikombinasikan dengan Cascading Style Sheets(CSS), dan versi terakhir dari HTML (4.0 and later) dihasilkan DHTML.

> JDK -- (Java Development Kit)
Sebuah paket software development dari Sun Microsystems yang mengimplementasikan dasar-dasar penulisan, pengujian, dan debug aplikasi-aplikasi Java dan Applet.

> JPEG -- (Joint Photographic Experts Group)
JPEG sebutan yang sering digunakan untuk menunjukkan file gambar. JPEG format lebih disukai dibandingkan format GIF untuk gambar-gambar photographik.

> JScript
Javascript versi Microsoft©

> Kilobyte
Seribu byte, biasanya 1024 (210) byte.

> LAN -- (Local Area Network)
Sebuah jaringan komputer terbatas yang berada pada area yang sama.

> Leased Line
Mengacu pada jalur seperti telephone atau kabel fiber-optik yang disewakan untuk akses eksklusif. Transfer data berkecepatan tertinggi membutuhkan jalur Leased Line.

> Link
Kependekan dari Hyperlink.

> Linux
Sistem operasi open source semacam Unix yang secara luas digunakan. Linux pertama kali dirilis oleh penemunya (Linus Torvalds) pada tahun 1991. Ada beberapa versi Linux yang tersedia hampir untuk semua jenis komputer, dari komputer desktop sampai mainframe. Inti dari kinerja Linux adalah terbuka dan tersedia untuk semua orang untuk memeriksa dan merubah sepanjang perubahan tersebut tersedia untuk publik. Hal ini menyebabkan jutaan orang bekerja dalam aspek-aspek yang berbeda dalam adaptasi Linux untuk tujuan besar, dari server hingga pesawat TV.

> Listserv ®
Jenis umum dari maillist, "Listserv" didaftarkan sebagai trademark dari L-Soft international, Inc.Listservs aslinya berjalan untuk BITNET namun sekarang sudah umum digunakan untuk internet.

> Login
Termasuk kata benda atau kata kerja.
Kata benda: Nama account yang digunakan untuk mengakses ke suatu sistem komputer.
Kata kerja: aktivitas menghubungkan suatu sistem komputer dengan memberikan identitas (biasanya "username" dan "password")

> Lurk
Membaca pesan yang dikirim pada ruang chat atau NewsGroup tanpa memberikan respon/ tanggapan, sekadar membaca.

> Mailbomb
Aktivitas pengiriman email dalam jumlah sangat banyak ke suatu alamat email dengan maksud membuat server overload.

> Maillist (atau Mailing List)
Sistem otomatis yang memungkinkan orang untuk mengirim email ke satu alamat email, namun isi pesan disalin dan dikirimkan ke semua anggota dari mailist. Biasanya digunakan untuk keperluan diskusi.

> Megabyte
Satu juta byte. secara teknis 1024 kilobyte.

> Meta Tag
Tag spesifik dari HTML yang berisi informasi yang tidak ditampilkan kepada pengguna. Meta tag biasanya terdiri dari keyword, description, revisited, dll. Meta tag khususnya digunakan untuk memudahkan Search Engine mangkategorikan suatu halaman web.

> MIME -- (Multipurpose Internet Mail Extensions)
Merupakan standard dalam mendefinisikan tipe-tipe file yang dilampirkan pada pesan email. Standard MIME digunakan pada situasi dimana program komputer membutuhkan komunikasi dengan program lain tentang jenis file yang dikirim.

> Mirror
Merupakan salinan dari suatu website yang digunakan untuk keperluan kecepatan akses file dari lokasi-lokasi terdekat.

> Miva
Miva dikenal sebagai script HTML, diproduksi oleh Miva Corporation. Miva memungkinkan pembangunan website dinamis secara cepat dengan mengintegrasikan script, database, dan fitur Commerce.

> Modem -- (MOdulator, DEModulator)
Perangkat yang menghubungkan komputer dengan saluran telepon. Modem memungkinkan suatu komputer untuk berkomunikasi dengan komputer lain menggunakan sistem telepon.

> Mosaic
Merupakan bowser web pertama yang disediakan untuk Macintosh, Windows,dan UNIX dengan interface yang sama. Mosaic merupakan pendongkrak kepopuleran web. Source-code dari Mosaic dilisensikan oleh beberapa perusahaan untuk membuat browser-browser yang lain.
Mosaic dikembangkan di National Center for Supercomputing Applications (NCSA), di Univeristy of Urbana-Champange di Illinois, USA. Versi pertama dirilis pada akhir tahun 1993.

> MySQL
Jenis database yang sering digunakan bersama PHP untuk menyediakan cara pengaksesan data melalui halaman web. Merupakan program database open-source yang paling populer saat ini.

> Netiquette
Etiket dalam menggunakan Internet.

> Netizen
Berasal dari istilah citizen, mengacu pada citizen of Internet.

> Netscape
Sebuah web browser dan nama suatu perusahaan. Browser NetscapeTM berbasis pada program Mosaic dikembangkan di National Center for Supercomputing Applications (NCSA).

> Network
Setiap saat terjadi hubungan antara 2 komputer atau lebih secara bersama sehingga dapat berbagi-bagi sumber komputer, maka disebut network.

> Newsgroup
Nama dari grup diskusi di USENET.

> NIC -- (Network Information Center)
Secara umum, beberapa kantor yang menangani informasi-informasi suatu jaringan. Contoh yang paling terkenal adalah InteNIC, pusat pendaftaran nama domain. Juga berarti "Network Interface card", yang menghubungkan card dengan kabel jaringan.

> NNTP -- (Network News Transport Protocol)
Protokol yang digunakan oleh software pada client dan server untuk membawa USENET dikirim, dikembalikan, dst pada sebuah jaringan TCP/IP.

> Node
Komputer tunggal yang terhubung ke suatu jaringan.

> Open Content
Informasi atau layanan yang disediakan untuk publik.

> Open Source Software
Open Source Software adalah software yang kode dasar pemrogramannya tersedia bagi pengguna sehingga dapat dibaca, dipelajari, diubah dan dikembangkan ke versi baru.

> Packet Switching
Metode yang digunakan untuk menggerakkan data di Internet. Semua data yang masuk dan keluar pada suatu mesin dipecah-pecah menjadi paket-paket yang lebih kecil, setiap paket memiliki alamat tersendiri.

> Password
Suatu kode yang digunakan untuk mengakses sistem yang terkunci.

> PDF -- (Portable Document Format)
Suatu format file yang didesain agar dokumen dapat dilihat dan dicetak sekaligus formasi dokumennya (bentuk huruf, gambar, layout, dll.) ditampilkan sama sebagaimana sistem operasi yang digunakan menampilkannya, sehingga dokumen PDF memiliki tampilan yang sama pada Windows, Macintosh, Linux, OS/2, dll. Format PDF pada dasarnya merupakan penggunaan luas dari bahasa Postcript document-description. PDF and Postscript dikembangkan oleh Adobe Corporation.

> ping
Untuk memeriksa suatu server bekerja, dengan cara mengirimkan beberapa byte data dan menerima pantulannya., jika pantulan diterima berarti komputer tujuan memberi respon, dan menunjukkan bahwa komputer tujuan sedang beroperasi.

> Plug-in
Suatu bagian kecil software yang menambahkan fitur pada bagian software yang lebih besar.

> PNG -- (Portable Network Graphics)
PNG merupakan format grafis yang secara khusus didesain untuk penggunaan di World Wide Web. PNG memungkinkan kompresi gambar tanpa kehilangan kualitas gambar, termasuk gambar-gambar beresolusi tinggi. Fitur penting lainnya dari format PNG adalah bahwa semua orang dapat membuat software yang bekerja dengan gambar PNG tanpa membayar biaya.

> POP -- (Point of Presence, juga berarti Post Office Protocol)
Suatu Point of Presence biasanya berarti suatu kota atau lokasi dimana sebuah jaringan dapat dihubungkan, biasanya menggunakan jalur telepon Dial Up.
Post Office Protocol mengacu pada suatu cara software e-mail client seperti Eudora mendapatkan email dari mail server.

> Port
Secara umum merupakan tempat dimana informasi masuk dan keluar pada suatu komputer.
Di internet, port sering diacukan pada nomor yang menjadi bagian dari URL yang ditampilkan setelah karakter titik dua (:) disebelah kanan setelah nama domain. Web server umumnya menggunakan port 80. Layanan juga dapat diberikan pada port yang tidak standard, dimana port harus dispesifikasikan pada URL ketika mengakses server.
misalnya: http://www.contohdomain.com:2083
Makna lainnya adalah acuan dalam penterjemahan suatu bagian solftware untuk dibawa dari satu tipe sistem komputer ke sistem komputer lain, misalnya: menterjemahkan program pada Windows agar dapat bekerja pada Macintosh.

> Portal
Biasanya istilah ini digunakan untuk mendeskripsikan suatu situs yang memiliki informasi lengkap tentang internet dan web, misalnya situs katalog, Search Engine, Email provider.

> Posting
Pesan tunggal yang diberikan ke network communications system.

> PPP -- (Point to Point Protocol)
Protokol yang umum digunakan untuk menghubungkan komputer rumahan ke Internet menggunakan jalur telepon biasa.
Sering dikenal sebagai protokol yang memungkinkan suatu komputer yang menggunakan jalur telepon dan modem untuk membuat koneksi TCP/IP.

> Protocol
Di internet, "protocol" biasanya mengacu pada sekumpulan aturan yang mendefinisikan format yang tepat dan terperinci untuk berkomunikasi antar sistem.

> Proxy Server
Proxy server berada antara client server dan Real Server, dimana client berusaha untuk menggunakannya. Client membuat request melalui Proxy Server, kemudian "real" server mengirimkan hasilnya ke client. Kadang-kadang Proxy server akan menyimpan hasil tersebut dan memberikan hasil simpanan tersebut untuk request yang sama/ mirip (untuk mengurangi penggunaan sumber daya Network). Proxy server umumnya diterapkan pada Local Area Network

> QuickTime
Format file movie yang dikembangkan oleh Apple© untuk memainkan movie secara real time pada desktop komputer.
RDF -- (Resource Definition Framework)
Sekumpulan cara (daftar bahasa) untuk membuat deskripsi atas suatu informasi, terutama informasi yang tersedia di World Wide Web. RDF dapat digunakan untuk mendeskripsikan koleksi buku-buku, artis, atau koleksi halaman web dalam format data RSS yang menggunakan RDF untuk membuat ringkasan website.
RDF juga digunakan pada aplikasi-aplikasi XPFE untuk menjelaskan hubungan antara koleksi yang berbeda dari suatu elemen. misalnya: RDF dapat digunakan untuk menjelaskan hubungan antara data dalam sebuah database dan cara data tersebut ditampilkan kepada pengguna.

> Router
Komputer yang memiliki tujuan khusus (atau paket software) yang menangani koneksi 2 atau lebih jaringan Packet-Switched. Router setiap saat memeriksa sumber dan tujuan dari paket-paket yang dilewatkan padanya dan menentukan jalur yang sesuai untuk mengirimkannya.

> RSS -- (Rich Site Summary atau RDF Site Summary or Real Simple Syndication)
Protokol yang umum digunakan untuk sindikasi dan sharing informasi, awalnya dikembangkan untuk memfasilitasi sindikasi dari artikel-artikel terbaru, sekarang digunakan untuk sharing informasi pada Blog. RSS berbasis XML.

> SDSL -- (Symmetric Digital Subscriber Line)
Versi dari DSL dimana proses upload dan download memiliki kecepatan yang sama.

> Search Engine
Suatu sistem (biasanya berbasis web) untuk mencari informasi yang tersedia di web. Search Engine meng-index halaman-halaman web dan merekam sebagian/ keseluruhan isi halaman web dalam databasenya, sehingga berbagai jenis informasi dapat ditemukan pada satu tempat.

> Security Certificate
Potongan informasi (biasanya disimpan sebagai file teks) yang digunakan oleh protokol SSL membuat suatu koneksi yang aman.

> SEO -- (Search Engine Optimization)
Praktik desain dan optimalisasi halaman web agar memiliki ranking tertinggi pada hasil pencarian di Search Engine.

> Server
Sebuah komputer maupun paket software, yang menyediakan jenis layanan yang spesifik kepada client yang bekerja pada komputer lain.

> Servlet
Program kecil untuk komputer yang didesain untuk menambah kemampuan kepada bagian software yang lebih besar pada server. Contoh yang sering digunakan adalah Java Servlet.

> SLIP -- (Serial Line Internet Protocol)
Suatu standard yang populer pada awal 1990 untuk menggunakan jalur telepon biasa (jalur serial) dan sebuah modem untuk menghubungkan komputer seperti situs internet sesungguhnya. SLIP telah digantikan oleh PPP.

> SMDS -- (Switched Multimegabit Data Service)
Suatu standard untuk transfer data super cepat.

> SMTP -- (Simple Mail Transfer Protocol)
Protokol utama yang digunakan untuk mengirimkan surat elektronik (email) dari satu server ke server lain di Internet.

> SNMP -- (Simple Network Management Protocol)
Suatu kumpulan aturan standardisasi untuk komunikasi dengan perangkat yang terhubung ke suatu jaringan TCP/IP, misalnya: router, hub, dan switch.

> Spam (atau Spamming)
Suatu usaha yang tidak benar dalam menggunakan mailing list, atau USENET maupun fasilitas komunikasi jaringan lainnya dengan mengirimkan pesan yang sama/ mirip ke banyak orang tanpa diminta. Tujuannya untuk mempromosikan produk atau layanan yang belum populer.

> Spyware
Suatu software yang disamarkan/ disembunyikan pada suatu komputer yang dapat memonitor aktivitas komputer tanpa diketahui.

Kebanyakan spyware berusaha mengantarkan pengguna untuk melihat iklan atau bagian halaman web. Beberapa spyware juga mengirimkan informasi pengguna ke mesin lain di Internet.Biasanya spyware disertakan pada software-software yang didownload oleh pengguna.

> SQL -- (Structured Query Language)
Suatu bahasa yang dikhususkan untuk mengirimkan query-query ke database. SQL merupakan bahasa dasar dari kebanyakan program database, misalnya MySQL, Oracle, dll.

> SSL -- (Secure Socket Layer)
Suatu protokol yang didesain oleh Netscape Communication untuk memungkinkan enkripsi data ketika data ditransfer di Internet.

> Sysop -- (System Operator)
Seseorang yang bertanggungjawab pada operasi fisik dari sistem komputer atau sumber daya jaringan.

> T-1
Sebuah koneksi leased-line yang mampu membawa data pada kecepatan 1,544,000 bits-per-second. Secara teori, T-1 mampu membawa data 1 MB dalam waktu kurang dari 10 detik, namun masih belum cukup cepat untuk Audio/Video streaming.. Jalur T-1 biasanya digunakan oleh LAN berskala besar ke Internet.

> T-3
Sebuah koneksi leased-line yang mampu membawa data pada kecepatan 44,736,000 bits-per-second. Koneksi ini sudah lebih dari cukup untuk mengadakan akses Audio/Video Streaming.

> TCP/IP -- (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)
Merupakan protokol yang paling cocok untuk mendefinisikan Internet. Awalnya didesain untuk sistem operasi UNIX, sekarang software TCP/IP dimasukkan ke dalam semua jenis sistem operasi komputer.

> Telnet
Perintah dan program yang digunakan untuk login dari satu situs ke situs lain.

> Terabyte
1000 gigabyte.

> Terminal
Perangkat yang memungkinkan pengiriman perintah ke sebuah komputer yang terletak di suatu tempat. misalnya, keyboard, layar display. Biasanya dibutuhkan suatu software terminal dalam sebuah PC yang memungkinkan pengiriman perintah ke suatu komputer.

> Terminal Server
Komputer yang memiliki tujuan khusus mengurusi hubungan dengan beberapa anak modem pada satu sisi, dan koneksi ke LAN atau host pada sisi lain. Terminal server melalukan pekerjaan menjawab panggilan-panggilan dan melakukan koneksi pada node(titik) yang tepat. Kebanyakan terminal server dapat menyediakan layanan PPP atau SLIP jika dihubungkan ke Internet.

> TLD -- (Top Level Domain)
Bagian terakhir (paling kanan) dari suatu nama domain yang lengkap. Misalnya: .com, .net, .org, .biz, .name, .us, .jp, .id, dll.

> Trojan Horse
Suatu program komputer tersembunyi yang berada pada program lain atau yang disamarkan untuk mengakali agar pengguna menjalankannya. Misalnya sebuah program yang mirip dengan file game atau gambar tetapi sebenarnya memiliki fungsi lain. Istilah "Trojan Horse" berasal dari dongeng licik tentang perang yang digunakan oleh Yunani antara 1500 dan 1200 sebelum Masehi. Trojan Horse menyebar dengan sendirinya dengan mengirimkan salinannya dari suatu host komputer ke komputer lain, namun berbeda dengan virus, Tojan Horse biasanya tidak menginfeksi program lainnya.

> UDP -- (User Datagram Protocol)
Satu dari protokol-protokol untuk transfer data yang menjadi bagian yang cocok dari protokol TCP/IP.

> Unix
Sistem operasi komputer yang didesain untuk digunakan oleh banyak pengguna pada waktu yang sama (multi-user) dan built-in dengan software TCP/IP. Merupakan sistem operasi paling umum untuk server-server di Internet.

> Upload
Transfer data (biasanya file) dari satu komputer ke komputer lain. Merupakan kebalikan dari download.

> URI -- (Uniform Resource Identifier)
Alamat sumber yang tersedia di Internet. Bagian pertama dari URI dinamakan "scheme", scheme yang paling terkenal adalah http, tetapi masih banyak scheme yang lain. Masing-masing scheme URI memiliki format tersendiri dalam menampilkan URI. Misalnya:
http://www.yahoo.com/files/article.html
telnet://abc.efg.ac.us
news:new.newusers.questions

> URL -- (Uniform Resource Locator)
Istilah URL pada dasarnya sama dengan URI. URI telah menggantikan URL dalam spesifikasi teknis.

> USENET
Sistem global dari grup diskusi, dengan komentar-komentar yang disalurkan diantara ratusan atau ribuan mesin. Tidak semua mesin USENET berada di Internet. USENET secara penuh terpusat, dengan lebih dari 10,000 area diskusi, dinamakan newsgroups.

> UUENCODE -- (Unix to Unix Encoding)
Metode untuk mengubah file-file dari Binary ke ASCII (teks) sehingga dapat dikirimkan melalui internet lewat email.

> Veronica -- (Very Easy Rodent Oriented Net-wide Index to Computerized Archives)
Dikembangkan di University of Nevada, Veronica secara tetap di-update databasenya berupa nama-nama dari hampir setiap menu pada ribuan sever gopher. Database Veronica dapat dicari dari kebanyakan menu-menu gopher. sekarang menjadi tidak populer karena digantikan oleh Search Engine.

> Virus
Potongan kode program komputer yang dapat memperbanyak diri tanpa membutuhkan intervensi pengguna. Beberapa virus tidak hanya mereplikasi dirinya , mereka dapat menampilkan pesan-pesan, menginstal software lain, menghapus software dan file, dsb. Sebuah virus membutuhkan adanya program lain untuk memperbanyak diri. Biasanya virus menyebar dengan cara menempelkan diri pada suatu program/ file.

> VPN -- (Virtual Private Network)
Biasanya mengacu pada suatu jaringan yang beberapa bagiannya terhubung ke Internet publik, tetapi data yang dikirimkan dienkripsi, sehingga keseluruhan jaringan terkesan private.

> WAIS -- (Wide Area Information Servers)
Dikembangkan pada awal tahun 1990, WAIS merupakan sistem berskala besar pertama yang memungkinkan jumlah akses yang besar atas informasi di Web, dan untuk membuat index yang dapat dicari dalam jaringan, misalnya Internet. WAIS juga sebagai perintis penilaian hasil pencarian sehingga hasil pencarian menjadi relevan.

> WAN -- (Wide Area Network)
Suatu internet atau jaringan yang mencakup area yang lebih besar, misalnya antar gedung atau antar kampus.

> Web
Sebutan singkat untuk "World Wide Web".

> Web page
Suatu dokumen yang didesain agar dapat dilihat pada browser web, biasanya ditulis dengan HTML. Sebuah website terdiri dari satu atau lebih web page.

> Website
Keseluruhan koleksi web page dan informasi lain (misal gambar, suara, video, file, dsb.) yang dibuat agar tersedia bagi pengguna sebagai web server tunggal. Menggunakan basis URL untuk pengalamatan file, misalnya:
http://www.yahoo.com/
http://www.yahoo.com/services/
http://www.yahoo.com/images/image_1.gif
Wi-Fi -- (Wireless Fidelity)
Istilah populer untuk bentuk komunikasi data secara wireless, pada dasarnya Wi-Fi adalah "Wireless Ethernet".

> Worm
Worm adalah suatu virus yang tidak menginfeksi program lain. Dia memperbanyak diri dan menginfeksi komputer lain yang terhubung. Worm juga mampu menginstal program lain, menghapus file, dsb.

> WWW -- (World Wide Web)
Singkatan dari World Wide Web, namun sering disalahartikan sebagai "Internet", WWW mempunyai 2 arti penting:
Pertama, digunakan bebas: kumpulan dari sumber-sumber informasi yang dapat diakses menggunakan Gopher, FTP, HTTP,telnet, USENET, WAIS dan tool lainnya.
Kedua, server-server hypertext (HTTP server) global, umumnya disebut "web server".

> XML -- (eXtensible Markup Language)
Sistem yang digunakan secara luas untuk mendefinisikan format-format data. XML menyediakan sistem yang kaya untuk mendefinisikan dokumen-dokumen yang kompleks dan struktur data misalnya faktur, data molekul, berita, daftar istilah, dsb.

> XMLRPC -- (XML Remote Procedure Call)
Suatu protokol untuk komunikasi client-server yang mengirim dan menerima informasi "on top of" HTTP. Data dikirimkan dan diterima partikel berformat XML yang secara khusus didesain untuk digunakan pada XMLRPC.

> XPFE -- (Cross Platform Front End)
Teknologi yang cocok digunakan untuk membuat aplikasi-aplikasi yang akan bekerja dan terlihat sama pada sistem operasi komputer yang berbeda. Penggunaan luas dari aplikasi XPFE application adalah browser web Mozilla dan turunannya, misalnya browser Netscape versi 7 keatas. Teknologi utama dalam membuat aplikasi XPFE adalah _Javascript, Cascading Style Sheets(CSS), dan XUL.

> XUL -- (eXtensible User-interface Language)
Sama dengan HTML namun berbasis XML. XUL adalah bahasa yang digunakan untuk mendefinisikan tampilan interface bagi pengguna untuk bagian-bagian software. XUL digunakan untuk menampilkan button, scrollbar, text boxes,dan item lain. Penggunaan luas dari XUL adalah browser web Mozilla, dimana keseluruhan interface didefinisikan menggunakan bahasa XUL.

> Yellow Pages
Istilah umum yang digunakan bagi direktori bisnis dan layanan yang disusun mirip dengan buku telepon.

> Zine
Majalah elektronik singkat/ pendek, sering disebut E-zine.

> Zip
Salah satu format kompresi sebuah file atau lebih menjadi satu nama file (*.zip) yang memiliki ukuran file lebih kecil dari aslinya



B. Klasifikasi Nama Domain

Ada beberapa klasifikasi/ Jenis dari Nama Domain,
Ada 2 jenis nama domain yang beredar saat ini di Internet, yaitu Top Level Domain Name (TLD) dan Country Code Top Level Domain Name (ccTLD) atau Local Domain.

Top Level Domain Name (TLD)

Berikut Kode Domain, Keterangan dan Contoh dari TLD

.com
Com (commercial): digunakan untuk bidang bisnis
http://www.cnn.com/

.edu
Edu (education): digunakan untuk bidang pendidikan/perguruan tinggi.
http://www.ucla.edu/

.net
Net (network): digunakan untuk perusahaan yang bergerak dibidang penyelenggara jasa koneksi Internet (ISP = Internet Service Provider).
http://www.freshmeat.net/

.org
Org (organization): digunakan untuk badan sosial atau organisasi nirlaba
http://www.w3.org/

.mil
Mil (military): digunakan untuk organisasi kemiliteran.
http://www.army.mil/

.gov
Gov (government): digunakan untuk pemerintahan.
http://www.nasa.gov/

.biz
Digunakan untuk bidang bisnis pada umumnya. Mungkin untuk menggantikan .com yang sudah jenuh dan banyak digunakan di Internet.
http://www.nic.biz/

.info
Tidak ada ketentuan. Bisa digunakan oleh siapa saja.
http://www.cheesenet.info/

.name
Digunakan untuk perorangan atau pribadi.
http://www.dean.edwards.name/

.museum
Digunakan untuk situs web museum
http://www.mori.art.museum/

.coop
Digunakan untuk bidang jasa koperasi.
http://www.congress.coop/

.aero
Digunakan untuk bidang industri trasnportasi udara.
http://www.ba727.aero/

.pro
Hanya digunakan untuk bidang-bidang profesionalisme, seperti dokter, pengacara dll.
http://www.kitlog.pro/


Country Code Top Level Domain (ccTLD)
Country Code Top Level Domain Name atau disebut juga Local Domain, adalah nama domain yang disesuaikan dengan kode negara yang bersangkutan. Misal:

Berikut contoh ccTLD dari Negara beserta Kode Domain

Indonesia
id

Malaysia
my

Australia
au

United Kingdom
uk


Lalu di masing-masing negara ada beberapa domain lokal (local domain). Sebagai contoh di Indonesia, berikut ini adalah daftar nama domain lokal yang digunakan di Indonesia:


.ac
Digunakan untuk bidang pendidikan, minimal setara D-1.
http://www.brawijaya.ac.id/

.co
Digunakan untuk perusahaan.
http://www.myindo.co.id/

.go
Digunakan untuk badan-badan pemerintahan
http://www.dki.go.id/

.net
Digunakan untuk perusahaan yang bergerak dibidang penyedia jasa Internet (Internet service provider).
http://www.idnic.net.id/

.mil
Digunakan untuk bidang militer
http://www.tni.mil.id/

.or
Digunakan untuk organisasi non-bisnis
http://www.sekolah2000.or.id/

.sch
Digunakan untuk bidang pendidikan seperti sekolahan.
http://www.smpn3-sgs.sch.id/

.war.net
Digunakan untuk bidang jasa warnet (warung Internet).
http://www.solar.war.net.id/

.web
Digunakan untuk siapa saja (bebas), bisa perseorangan, komunitas dan lainnya.
http://www.edo.web.id/

Saat ini domain yang berakhiran ".id" dikelola oleh Depkominfo. Informasi mengenai kebijaksanaan (policy) domain ".ID" beserta informasi lainnya dapat diperoleh di situs web Depkominfo (http://www.register.net.id ). Domain yang didaftarkan di Indonesia harus berada di bawah Second Level Domain (SLD) ac.id, co.id, or.id, net.id, web.id, sch.id, go.id, mil.id. Masing-masing SLD memiliki aturan yang berbeda. TLD lain dapat menerapkan kebijaksanaan yang lain.

Diolah dari berbagai sumber : adisumaryadi.web.id, www.namadomain.com,http://www.myindo.co.id.

Comments :

4 comments to “Mengenal Istilah Internet”
I LiKe WeReWoLf said...
on 

pak, kunjungi blog saya di http://ilovewerewolf.blogspot.com dan kunjungi blog teman saya di http://allofmydream.blogspot.com

rahanto said...
on 

oke nanti yah

rimbi rupert said...
on 

pak anto lihat blog saya ya di mbiirupertslank93.blogspot.com ...
ada artikel tentang rupert grint lho pak ...

vitalysite.blogspot.com said...
on 

kunjungi saya di http://vitalysite.blogspot.com/

Post a Comment

 

Tampilkan Foto Kamu di Sini

There was an error in this gadget

Astronomy Picture of the Day

There was an error in this gadget

Moon of the Day