Manfaat dan Fasilitas Intranet

Sebuah intranet adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya. Kadang-kadang, istilah intranet hanya merujuk kepada layanan yang terlihat, yakni situs web internal perusahaan. Untuk membangun sebuah intranet, maka sebuah jaringan haruslah memiliki beberapa komponen yang membangun Internet, yakni protokol Internet (Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan.

Umumnya, sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah “versi pribadi dari jaringan Internet”, atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi.

(Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Intranet)


Intranet juga merupakan Jaringan Komputer yang khusus untuk penggunaan pada lingkungan di dalam batasan suatu Organisasi. Dilihat dari sudut teknisinya, Intranet didefinisikan sebagai penggunaan teknologi Internet dan WWW (World Wide Web) di dalam sebuah jaringan komputer lokal (LAN). Local Area Network (LAN) adalah sekumpulan komputer-komputer yang saling dihubungkan pada suatu daerah atau lokasi tertentu. Intranet memaksimalkan penggunaan LAN tersebut dengan menambahi kemampuan-kemampuan Internet kedalamnya

Data lain menyebutkan bahwa fasilitas intranet adalah jaringan komputer internet local yang berdasarkan pada standar internet dan world wide web (www). Teknologi intranet terbentuk dari internet sehingga kemudahan, rendahnya biaya operasional, fleksibilitas, dan open system technology yang tidak tergantung dari platform menjadikan intranet sebagai salah satu pilihan unggulan.

Berikut ini adalah manfaat dan fasilitas intranet:
  • Protokol, protocol-protokol yang berada dalam lingkungan TCP/IP adalah HTTP, FTP, MIME, SMTP, NNTP, dan POP.
  • Intranet, dapat mengakses semua pelayanan internet pada web browser. Misalnya, browser dapat mengirim e-mail dengan menggunakan SMTP (simple mail transfer protocol) untuk standard mail internet.
  • Groupware, lebih bersifat sebagai model server push yang menyajikan kemungkinan kerja sama melalui komunikasi kolaborasi dan koordinasi.
  • Workflow, merupakan kemampuan otomatisasi transfer informasi untuk mendukung aliran kerja system informasi.
  • Tingkat kebutuhan informasi dalam oprganisasi bisnis, yaitu pelayanan informasi, pelayanan interaktif, pelayanan pelanggan yang lebih baik, dan enterprise connectivity.

Manfaat Intranet Lainnya

Perusahaan dapat mengatasi masalah utama yaitu tentang penyebaran informasi antar sesama karyawan dengan cara yang cepat, mudah dan efektif. Tidak terikat oleh Program atau perangkat keras tertentu.

Intranet dapat langsung ditaruh pada halaman Intranet perusahaan, dan setiap karyawan dapat langsung dapat membacanya di layar komputernya. Perusahaan dapat melihat langsung dan cepat jika ada perubahan-perubahan yang terjadi. Dengan penyebaran informasi ini, dapat dimanfaatkan untuk mendidik dan melatih para pegawai perusahaan. Halaman intranet dapat di isi dengan petunjuk cara bekerja pada setiap divisi, panduan penggunaan suatu alat (komputer misalnya), serta daftar istilah teknis yang mungkin perlu dipahami oleh para karyawan. Halaman intranet juga bisa digunakan untuk meminta umpan balik atau saran dan kritik dari karyawan, menyebarkan berita intern perusahaan (dalam bentuk buletin), dan sebagainya. Masalah pengiriman berita dapat dilakukan dengan mudah melalui intranet. Antara sesama karyawan dapat mengirimkan memo ke rekan kerja yang lain tanpa harus meninggalkan mejanya. Dengan fasilitas e_mail . Intranet dapat mengirimkan pesan dengan mudah dan dapat digunakan untuk menyebarkan dokumen, file atau program. Setiap karyawan bisa mengirimkan beberapa dokumen melalui komputer dengan demikian tidak perlu untuk mencetak dokumen itu. Administrator network bisa menaruh file-file program yang bisa digunakan oleh karyawan pada suatu folder bersama, sehingga dapat di-download oleh yang memerlukannya. Para pegawai atau departemen yang ingin ” mengiklankan diri ” juga bisa melakukannya melalui Intranet.

(Source : http://www.si.its.ac.id/kurikulum/materi/pti/pert12-kuliah.html)



Diolah dari berbagai sumber

Comments :

0 comments to “Manfaat dan Fasilitas Intranet”

Post a Comment

 

Tampilkan Foto Kamu di Sini

World Clocks

Astronomy Picture of the Day

There was an error in this gadget

Moon of the Day