Cara mudah menginstall ubuntu linux melalui windows

Awal kuliah S1 saya tergila-gila dengan linux dikarenakan komunitas open source yang luas dan terkenal dengan kebebasannya. Kemudian saya menginstall Suse 9. Itu linux pertama saya. Tampilan grafisnya sangat memukau, beda dengan windows yang waktu itu saya menggunakan versi 98. Kemudian saya belajar C++ dengan GCC. Gila kan? di kampus teman-teman saya baru belajar pascal, ehh saya malah sudah belajar C++, di linux lagi. Tapi apa hasilnya? saya juga tidak bisa bahasa C++, linux juga tidak sukses. Sampai akhirnya saya memutuskan untuk migrasi ke windows lagi. Tapi beberapa minggu yang lalu saya diperkenalkan dengan program bagus untuk menginstall linux ubuntu. Kesan pertama menggunakan program ini : tidak pernah ada program installer linux semudah ini. Mau tahu program apa itu? kasih daah!

Namanya wubi, kepanjangannya lupa, pokoknya dengan program itu kita bisa menginstall linux ubuntu melalui windows. Yang anda butuhkan adalah program wubi tersebut dan iso linux ubuntu, bukan ubuntu yang sudah bisa booting. Wubi seperti program windows biasa, bahkan dengan program wubi, windows akan mendeteksi ubuntu linux sebagai program dibawah windows, seperti microsoft office atau winamp. Jika kita bosan dengan ubuntu, langsung aja uninstall seperti menguninstall program biasa, dan semuanya dari windows, bukan linux.

Setelah anda mendapatkan wubi dan file iso ubuntu,

  • * Satukan kedua file tersebut ke dalam 1 direktori atau folder
  • * Jalankan wubi.exe, maka proses installasi akan berjalan.
  • * Masukkan username dan password untuk linux ubuntu anda.
  • * Pilih jenis GUI yang ingin anda gunakan, kemudian klik install.
  • * Proses instalasi akan berjalan. Tunggu saja atau bisa anda tinggal makan atau tidur. Just it all!


Untuk file iso dan wubinya saya tidak punya, silahkan cari di google aja. Kalau file wubinya hanya 1,5 MB saja. Jika anda tidak memiliki file iso nya, wubi akan mendownload file iso linux ubuntu selama proses instalasi, otomatis kok.

Selamat, anda sudah mendapatkan linux ubuntu. Mudah bukan?

from : Mas Bimo Hery Prabowo


Comments :

0 comments to “Cara mudah menginstall ubuntu linux melalui windows”

Post a Comment

 

Tampilkan Foto Kamu di Sini