Mengenal Joomla Opensource

Apa yang ada di dalam pikiran Anda ketika anda melihat web seperti detik.com, kompas.com, dan astaga.com? Anda pasti bertanya bagaimana cara membuatnya. Lebih-lebih bagaimana cara memperbaharui isi web itu setiap hari. Mungkin dalam pikiran Anda pengelola web seperti itu memperbaharui web mereka dengan cara melakukan upload file ke web. Cara ini mungkin dilakukan tetapi tidak efisien. Web seperti detik.com, kompas.com dan astaga.com merupakan contoh dari web yang berbasis content (isi). Isi web tersebut dapat berupa berita, informasi, artikel, opini, dan lain-lain. Web yang berbasis isi biasa menggunakan aplikasi web yang bernama CMS atau Content Management System. Dengan menggunakan CMS pengelola web tidak perlu melakukan upload file setiap ada penambahan atau perubahaan isi web. Mereka cukup menjalankan aplikasi web mereka untuk melakukan penambahan atau perubahan. Joomla yang dibahas di sini merupakan salah satu aplikasi opensource CMS berbasis web yang paling mudah digunakan. Dengan menggunakan Joomla kita bisa membuat web site yang berbasis isi seperti detik.com dan kompas.com

Apa Itu Opensource?

Anda mungkin bertanya apa itu opensource seperti yang tertera di judul artikel ini. Opensource merupakan istilah dunia komputer yang berarti kode sumber aplikasi dapat diakses, dilihat dan dimodifikasi oleh umum sesuai dengan aturan yang ditentukan.

Opensource tidak selalu berarti gratis. Ada kala Anda perlu membayar untuk dapat tetap menggunakan aplikasi opensource jika Anda telah mencapai suatu titik yang telah disetujui dalam aturan yang telah ditentukan. Untuk menggunakan Joomla Anda tidak perlu membayar sepeser pun. Joomla gratis!


Sejarah Singkat Joomla

Mungkin ada yang sudah mengetahui mengenai CMS Mambo Opensource. Nah, Joomla ini adalah kembarannya. Kode aplikasi yang digunakan Joomla sama dengan yang digunakan Mambo. Bahkan pengembangnya juga dari Mambo dan sekarang fokus di Joomla Mereka membentuk Joomla karena mereka percaya dengan prinsip bahwa Joomla tetap harus fokus sebagai aplikasi opensource dan tidak ingin terkontaminasi oleh hal yang berbau komersial. Nama Joomla sendiri diambil dari bunyi kata “Jumla” yang berasal dari bahasa Swahili yang berarti “all together” atau “as a whole” atau “bersama-sama”.


Fitur Joomla

Joomla mempunyai banyak fitur dan dapat ditambah. Di bawah ini adalah fitur-fitur standar dari instalasi Joomla.

* Archive Manager
* Banner Manager
* Category Manager
* Contact Manager
* Content Items Manager
* Control Panel
* Frontpage Manager
* Global Check-in
* Global Configuration




* Install/Uninstall
* Language Manager
* Mambot Manager
* Mass Mail Users
* Media Manager
* Menu Manager
* Module Manager
* Module Positions
* News Feeds Manager




* Poll Manager
* Search Engine Text
* Section Manager
* Static Content Manager
* Syndication
* Template Manager
* Trash Manager
* User Manager
* Web Link Manager



Link-Link Joomla

  1. Joomla.org , web utama Joomla Di sana anda dapat mengakses berita-berita terbaru mengenai Joomla dan mendownload aplikasi Joomla
  2. Forum.Joomla.org , forum komunitas pengguna Joomla Kalau Anda memiliki pertanyaan atau kesulitan dalam menggunakan Joomla Anda dapat menanyakannya ke forum itu.
  3. Developer.Joomla.org , web yang menyediakan manajemen proyek yang bersangkutan dengan Joomla Di sini juga Anda dapat men-download projek-projek Joomla.




Web yang menggunakan CMS Joomla

1. OkeZone
2. Universitas INDONUSA Esa Unggul
3. Web pendukung klub sepakbola Arsenal

sumber : http://www.id-joomla.com

Comments :

2 comments to “Mengenal Joomla Opensource”
putri andarini said...
on 

wah pindah haluan ke blog linux nih pak? hahaha :D

Catatan Rahanto said...
on 

lagi ingin cari suasana baru put..semangat yaaa :)

Post a Comment

 

Tampilkan Foto Kamu di Sini

There was an error in this gadget

Astronomy Picture of the Day

There was an error in this gadget

Moon of the Day